Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 ternyata tidak terasa sudah hampir tiga bulan. Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya telah datang. Kini pa...
Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 ternyata tidak terasa sudah hampir tiga bulan. Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya telah datang. Kini para siswa bersiap untuk menghadapi soal UTS/PTS. Di bawah ini adalah contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 6 Semester Ganjil (1) Tahun Ajaran 2021/2022 yang saya ambil dari BAB I Sub Materi : Operasi Hitung Pecahan.Semoga bermanfaat!
PENILAIAN TENGAH
SEMESTER (PTS)
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
NAMA : ................................................... MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS : VII HARI, TANGGAL : .........................................
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad jawaban yang benar!
Ruang OSIS
Keberadaan
ruang OSIS sangat penting untuk menunjang kegiatan pengurus OSIS dalam
menjalankan program-programnya. Tanpa ruang OSIS yang memadai, pengurus OSIS
tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.
Sungguh
beruntung sekolah kami memiliki ruang OSIS yang terbilang cukup memadai. Ruang
berukuran 5 x 6 meter ini terbilang cukup bersih dan terawat. Lantainya
terlihat bersih dan mengkilat. Meja dan kursi pun tertata rapi.
Selain
itu, dinding ruang OSIS dihiasi dengan berbagai slogan yang bertuliskan
kata-kata mutiara bijak. Slogan yang tertata rapi tersebut tentu saja bisa
menjadi daya tarik tersendiri bagi pengurus OSIS. Dengan membaca kata-kata
mutiara bijak, mereka dapat memahami dan menghayati makna kata-kata tersebut
sehingga terangsang untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang tidak
kalah menarik, dinding ruang OSIS juga dihiasi berbagai album kegiatan yang
terpajang dengan rapi. Paling, pajangan album tersebut bisa menjadi bukti bahwa
para pengurus OSIS telah bekerja keras untuk mewujudkan program yang telah
direncanakan.
Ruang
OSIS di sekolah kami juga dilengkapi dengan fasilitas internet yang terhubung
melalui jaringan wifi. Melalui jaringan internet, para pengurus OSIS bisa
berselancar untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk kemajuan
organisasi.
1. Pernyataan
berikut yang termasuk kalimat deskripsi berdasarkan teks tersebut adalah .....
A. Ruang OSIS adalah ruang untuk
kerja para pengurus OSIS.
B. Dinding ruang OSIS dihiasi dengan
berbagai slogan yang bertuliskan kata-kata mutiara bijak
C. OSIS adalah singkatan dari
Organisasi Siswa Intra Sekolah.
D. Keberadaan ruang OSIS sangat
penting bagi para pengurus OSIS.
2. Deskripsi umum pada struktur teks tersebut
terdapat pada paragraf nomor .....
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
3. Contoh penulisan judul yang tepat untuk teks
deskripsi adalah .....
A. Langit biru yang Indah C. Langit Biru yang Indah
B. Langit Biru Yang Indah D. Langit Biru yang indah
4. Variasi kalimat kedua paragraf 1 yang tepat
pada teks deskripsi tersebut adalah .....
A. Pengurus
OSIS tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal bila ruang OSIS yang memadai.
B. Pengurus
OSIS tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal jika ruang OSIS tidak
memadai.
C. Tanpa
ruang OSIS yang memadai, pengurus OSIS tidak akan menjalankan tugasnya secara
maksimal.
D. Tanpa
ruang OSIS yang memadai, pengurus OSIS akan menjalankan tugasnya secara maksimal.
5. Perhatikan kalimat berikut!
Waktu
yang baik untuk berkunjung ke sana adalah pukul 16:00, jadi kita dapat
melihat-lihat pemandangan dengan tebing yang curam, lembah yang mengagumkan dan
pemandangan pantai sambil menunggu matahari tenggelam.
Penulisan ejaan dan tanda baca yang tepat
dari kalimat tersebut adalah .....
A.
Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana
adalah pukul 16.00. jadi, kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing
yang curam, lembah yang mengagumkan, dan pemandangan pantai sambil menunggu
matahari tenggelam.
B.
Waktu yang baik untuk berkunjung ke
sana adalah pukul 16:00. jadi, kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan
tebing yang curam, lembah yang mengagumkan, dan pemandangan pantai sambil
menunggu matahari tenggelam.
C.
Waktu yang baik untuk berkunjung ke
sana adalah pukul 16:00, jadi kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan
tebing yang curam, lembah yang mengagumkan, dan pemandangan pantai sambil
menunggu sunset.
D.
Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana
adalah pukul 16:00. jadi kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing
yang curam, lembah yang mengagumkan dan pemandangan pantai sambil menunggu
matahari tenggelam.
6. Negara Kesatuan Republik Indonesia merdeka
pada abad ke 19. Pada waktu itu, pembacaam teks proklamasi dipimpin langsung
oleh Bapak Soekarno yang sekaligus sebagai Bapak Presiden pertama Republik
Indonesia. Maka, kita harus bangga dan terus mengisi kemerdekaan ini dengan
mencerdaskan kehidupan bangsa.
Penulisan kata bilangan yang tepat pada
kata bercetak miring dalam teks tersebut adalah .....
A. abad ke XIX C. abad ke 19
B. abad ke-XIX D. abad ke-19
7. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang
tertinggi sekali di Jawa-Barat.
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat agar
menjadi efektif adalah .....
A. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang
tertinggi di Jawa-Barat.
B. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang
paling tinggi sekali di Jawa-Barat.
C. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang
amat tinggi sekali di Jawa-Barat.
D. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang
sangat tinggi sekali di Jawa-Barat.
Penggalan cerita fantasi berikut untuk no. 8 - 9!
Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat mengenaskan. Dimana paman, bibi, dan sepupunya sama sekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka. Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kesebelas, telah membuat hidupnya berubah.”
8. Kalimat yang menunjukkan ciri teks cerita imajinasi di atas adalah...
A. 4 B. 3 C. 2 D. 1
9. Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks imajinasi di atas adalah...
A. 3 B. 1 C. 4 D. 2
Penggalan cerita fantasi berikut untuk no. 10 - 13!
Jaka Gledek Anak Ajaib
Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya.
Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.
Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.
10. Alur teks cerita narasi di atas menggunakan alur ….
A. Pengenalan – klimaks- muncul masalah
B. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks – resolusi
C. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusi
D. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah
11. Berdasarkan teks cerita narasi di atas, latar tempatnya adalah ….
A. di lingkungan pasar C. di lingkungan sekolah
B. di lingkungan desa D. di lingkungan hutan
12. Tokoh utama yang ada dalam teks cerita narasi di atas adalah ….
A. Pengemis C. Pak RT
B. Warga Desa D. Jaka Gledek
13. Pada paragraf kedua pada teks cerita narasi di atas termasuk ….
A. orientasi C. resolusi
B. komplikasi D. reorientasi
Bacalah Kutipan cerita imajinasi di bawah untuk menjawab soal 14 dan 15!
Senja baru saja turun. Di kejauhan, masih ada semburat
merah muda yang cantik. Di tepi jalan terdengar bunyi mesin mobil di mana-mana.
Fuhh … aku menghembuskan nafas berat melihat batang-batang pohon yang berserakan
di pinggir jalan. Pohon-pohon sahabatku yang hidup puluhan tahun itu kini sudah
tergeletak tak berdaya. Mereka sudah mati. Aku terasa terenyuh, hatiku pilu
melihat pohon-pohon yang tak berdosa itu ditebang satu per satu. Dasar par
manusia serakah. Lebih mementingkan bisnis dari pada menjaga alam.
14. Kutipan
cerita imajinasi di atas termasuk bagian …….
A.
orientasi C.
resolusi
B.
komplikasi D.
koda
15. Latar
waktu cerita imajinasi di atas adalah ……
A.
pagi hari C.
petang
B.
siang hari D.
malam
II.
Isilah titik-titik di bawah ini sesuai dengan jawaban
yang tepat!
16. Kalimat
efektif dari ‘Bagi siswa yang kehilangan
buku catatan Bahasa Indonesia dimohon menghubungi petugas perpustakaan”
adalah …….
17. Perbaikan
dari Kesalahan Kaidah Kebahasaan pada kalimat “Ruang sekolah kami terletak ditepi jalan raya,” adalah …….
18. Kata yang diberi AWALAN pada kalimat berikut “Seluruh siswa kelas VII diberi tugas menulis teks” adalah …….
Pernyataan
BENAR/SALAH untuk soal nomor 19 dan 20
19. Dalam
cerita imajinasi ada bagian cerita yang tidak masuk akal. ( ……………….. )
20. Cerita
imajinasi tidak menyampaikan amanat/nasihat kepada pembaca. ( ………………… )
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini!
21. Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?
22. Sebutkan struktur teks deskripsi!
23. Apa yang dimaksud dengan teks narasi
(imajinasi)?
24. Sebutkan struktur teks narasi (imajinasi)!
25. Sebutkan unsur-unsur teks narasi (imajinasi)?


COMMENTS