'

Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil (1) Tahun Ajaran 2021/2022

Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 ternyata tidak terasa sudah hampir tiga bulan. Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya telah datang. Kini pa...

Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 ternyata tidak terasa sudah hampir tiga bulan. Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya telah datang. Kini para siswa bersiap untuk menghadapi soal UTS/PTS. Di bawah ini adalah contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 6 Semester Ganjil (1) Tahun Ajaran 2021/2022 yang saya ambil dari BAB I Sub Materi : Operasi Hitung Pecahan.

Semoga bermanfaat! 

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NAMA   : ...................................................      MATA PELAJARAN  : BAHASA INDONESIA   

KELAS  : VII                                                   HARI, TANGGAL       : .........................................

 

I.         Berilah tanda silang (X) pada abjad jawaban yang benar!

Ruang OSIS

Keberadaan ruang OSIS sangat penting untuk menunjang kegiatan pengurus OSIS dalam menjalankan program-programnya. Tanpa ruang OSIS yang memadai, pengurus OSIS tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.

Sungguh beruntung sekolah kami memiliki ruang OSIS yang terbilang cukup memadai. Ruang berukuran 5 x 6 meter ini terbilang cukup bersih dan terawat. Lantainya terlihat bersih dan mengkilat. Meja dan kursi pun tertata rapi.

Selain itu, dinding ruang OSIS dihiasi dengan berbagai slogan yang bertuliskan kata-kata mutiara bijak. Slogan yang tertata rapi tersebut tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengurus OSIS. Dengan membaca kata-kata mutiara bijak, mereka dapat memahami dan menghayati makna kata-kata tersebut sehingga terangsang untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang tidak kalah menarik, dinding ruang OSIS juga dihiasi berbagai album kegiatan yang terpajang dengan rapi. Paling, pajangan album tersebut bisa menjadi bukti bahwa para pengurus OSIS telah bekerja keras untuk mewujudkan program yang telah direncanakan.

Ruang OSIS di sekolah kami juga dilengkapi dengan fasilitas internet yang terhubung melalui jaringan wifi. Melalui jaringan internet, para pengurus OSIS bisa berselancar untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk kemajuan organisasi.

1.  Pernyataan berikut yang termasuk kalimat deskripsi berdasarkan teks tersebut adalah .....

            A. Ruang OSIS adalah ruang untuk kerja para pengurus OSIS.

            B. Dinding ruang OSIS dihiasi dengan berbagai slogan yang bertuliskan kata-kata mutiara bijak

            C. OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah.

            D. Keberadaan ruang OSIS sangat penting bagi para pengurus OSIS.

2.  Deskripsi umum pada struktur teks tersebut terdapat pada paragraf nomor .....

     A. (1)                                                               C. (3)

     B. (2)                                                               D. (4)

3.  Contoh penulisan judul yang tepat untuk teks deskripsi adalah .....

     A. Langit biru yang Indah                              C. Langit Biru yang Indah

     B. Langit Biru Yang Indah                             D. Langit Biru yang indah

4.  Variasi kalimat kedua paragraf 1 yang tepat pada teks deskripsi tersebut adalah .....

A.  Pengurus OSIS tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal bila ruang OSIS yang memadai.

B.  Pengurus OSIS tidak bisa menjalankan tugasnya secara maksimal jika ruang OSIS tidak memadai.

C.   Tanpa ruang OSIS yang memadai, pengurus OSIS tidak akan menjalankan tugasnya secara maksimal.

D. Tanpa ruang OSIS yang memadai, pengurus OSIS akan menjalankan tugasnya secara maksimal.

5.  Perhatikan kalimat berikut!

Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana adalah pukul 16:00, jadi kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing yang curam, lembah yang mengagumkan dan pemandangan pantai sambil menunggu matahari tenggelam.

     Penulisan ejaan dan tanda baca yang tepat dari kalimat tersebut adalah .....

A.   Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana adalah pukul 16.00. jadi, kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing yang curam, lembah yang mengagumkan, dan pemandangan pantai sambil menunggu matahari tenggelam.

B.   Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana adalah pukul 16:00. jadi, kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing yang curam, lembah yang mengagumkan, dan pemandangan pantai sambil menunggu matahari tenggelam.

C.   Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana adalah pukul 16:00, jadi kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing yang curam, lembah yang mengagumkan, dan pemandangan pantai sambil menunggu sunset.

D.   Waktu yang baik untuk berkunjung ke sana adalah pukul 16:00. jadi kita dapat melihat-lihat pemandangan dengan tebing yang curam, lembah yang mengagumkan dan pemandangan pantai sambil menunggu matahari tenggelam.

6.  Negara Kesatuan Republik Indonesia merdeka pada abad ke 19. Pada waktu itu, pembacaam teks proklamasi dipimpin langsung oleh Bapak Soekarno yang sekaligus sebagai Bapak Presiden pertama Republik Indonesia. Maka, kita harus bangga dan terus mengisi kemerdekaan ini dengan mencerdaskan kehidupan bangsa.

     Penulisan kata bilangan yang tepat pada kata bercetak miring dalam teks tersebut adalah .....

     A. abad ke XIX                                              C. abad ke 19

     B. abad ke-XIX                                              D. abad ke-19

7.  Kuningan terkenal dengan gunungnya yang tertinggi sekali di Jawa-Barat.

     Perbaikan kalimat tersebut yang tepat agar menjadi efektif adalah .....

     A. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang tertinggi di Jawa-Barat.

     B. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang paling tinggi sekali di Jawa-Barat.

     C. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang amat tinggi sekali di Jawa-Barat.

     D. Kuningan terkenal dengan gunungnya yang sangat tinggi sekali di Jawa-Barat.


Penggalan cerita fantasi berikut untuk no. 8 - 9!

Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat mengenaskan. Dimana paman, bibi, dan sepupunya sama sekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka. Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kesebelas, telah membuat hidupnya berubah.”

8.  Kalimat yang menunjukkan ciri teks cerita imajinasi di atas adalah...

     A. 4                             B. 3                                         C. 2                                         D. 1

9.  Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks imajinasi di atas adalah...

     A. 3                             B. 1                                         C. 4                                         D. 2


Penggalan cerita fantasi berikut untuk no. 10 - 13!

Jaka Gledek Anak Ajaib

Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya.

Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.

Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.

10.  Alur teks cerita narasi di atas menggunakan alur ….

       A. Pengenalan – klimaks- muncul masalah

       B. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks – resolusi

       C. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusi

       D. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah

11.  Berdasarkan teks cerita narasi di atas, latar tempatnya adalah ….

       A. di lingkungan pasar                                              C. di lingkungan sekolah

       B. di lingkungan desa                                               D. di lingkungan hutan

12.  Tokoh utama yang ada dalam teks cerita narasi di atas adalah ….

       A. Pengemis                                                              C. Pak RT

       B. Warga Desa                                                          D. Jaka Gledek

13. Pada paragraf kedua pada teks cerita narasi di atas termasuk ….

       A. orientasi                                                               C. resolusi

       B. komplikasi                                                            D. reorientasi


Bacalah Kutipan cerita imajinasi di bawah untuk menjawab soal 14 dan 15!

Senja baru saja turun. Di kejauhan, masih ada semburat merah muda yang cantik. Di tepi jalan terdengar bunyi mesin mobil di mana-mana. Fuhh … aku menghembuskan nafas berat melihat batang-batang pohon yang berserakan di pinggir jalan. Pohon-pohon sahabatku yang hidup puluhan tahun itu kini sudah tergeletak tak berdaya. Mereka sudah mati. Aku terasa terenyuh, hatiku pilu melihat pohon-pohon yang tak berdosa itu ditebang satu per satu. Dasar par manusia serakah. Lebih mementingkan bisnis dari pada menjaga alam.

14.  Kutipan cerita imajinasi di atas termasuk bagian …….

       A. orientasi                                                               C. resolusi

       B. komplikasi                                                            D. koda

15.  Latar waktu cerita imajinasi di atas adalah ……

       A. pagi hari                                                               C. petang

       B. siang hari                                                              D. malam

 

II.      Isilah titik-titik di bawah ini sesuai dengan jawaban yang tepat!

16. Kalimat efektif dari ‘Bagi siswa yang kehilangan buku catatan Bahasa Indonesia dimohon menghubungi petugas perpustakaan” adalah …….

17. Perbaikan dari Kesalahan Kaidah Kebahasaan pada kalimat “Ruang sekolah kami terletak ditepi jalan raya,” adalah …….

18. Kata  yang diberi AWALAN pada kalimat berikut “Seluruh siswa kelas VII diberi tugas menulis teks” adalah …….

Pernyataan BENAR/SALAH untuk soal nomor 19 dan 20

19.  Dalam cerita imajinasi ada bagian cerita yang tidak masuk akal.     ( ……………….. )

20.  Cerita imajinasi tidak menyampaikan amanat/nasihat kepada pembaca. ( ………………… )

 

III.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

21.  Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?

22.  Sebutkan struktur teks deskripsi!

23.  Apa yang dimaksud dengan teks narasi (imajinasi)?

24.  Sebutkan struktur teks narasi (imajinasi)!

25.  Sebutkan unsur-unsur teks narasi (imajinasi)?


COMMENTS

Browsing Wordpress Themes and Blogger Templates
Name

bahasa indonesia smp,6,bahasa inggris sd,23,bahasa inggris smk,4,free download,4,free education software,3,free general software,1,Free Software,1,listening 3,1,matematika sd,7,Soal Latihan,1,Soal UAS/PAT,1,Soal UH/PH,1,Soal UTS/PTS,1,tips dan trik,1,
ltr
item
Mister Download Gratis: Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil (1) Tahun Ajaran 2021/2022
Soal UTS/PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil (1) Tahun Ajaran 2021/2022
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5xEH-xx0H88QcgJZPmdmoAv1txwpcYor5VlfPXubhsZaKujTwhdWJNcCylu4j0Jo6W7AJ0m6G7vyQZZ7kjQwNLEypfH-4F0Aq7GLOZ_-5B-_HFZTDxGU_1MHzTtRsJOZxBXkI7IWoLHI/w400-h233/Cover+Soal+UTS-PTS+Bahas+Indonesia_7.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5xEH-xx0H88QcgJZPmdmoAv1txwpcYor5VlfPXubhsZaKujTwhdWJNcCylu4j0Jo6W7AJ0m6G7vyQZZ7kjQwNLEypfH-4F0Aq7GLOZ_-5B-_HFZTDxGU_1MHzTtRsJOZxBXkI7IWoLHI/s72-w400-c-h233/Cover+Soal+UTS-PTS+Bahas+Indonesia_7.jpg
Mister Download Gratis
https://misterdownloadgratis.blogspot.com/2021/09/soal-utspts-bahasa-indonesia-kelas-7.html
https://misterdownloadgratis.blogspot.com/
https://misterdownloadgratis.blogspot.com/
https://misterdownloadgratis.blogspot.com/2021/09/soal-utspts-bahasa-indonesia-kelas-7.html
true
4538698165745885743
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy